7 Manfaat Kantong Silica Gel dari Kardus Anda Yang Tidak Anda Ketahui

Jika Anda pernah membeli barang yang dikemas dalam kardus, pasti menemukan kantong kecil persegi panjang berwarna putih, seperti teh celup. Itu adalah silica gel.

Produsen sengaja memasukkan bungkusan gel itu dalam kardus untuk menjaga barang di dalamnya tetap dalam kondisi bagus. Namun banyak orang yang tidak tahu dan menganggapnya remeh sehingga membuangnya begitu saja.

Padahal, selain merawat barang, silica gel ternyata punya kegunaan yang lain. Bahan silica gel yaitu silikon dioksida, sebuah zat tidak beracun yang memiliki kekuatan untuk mengeringkan kelembaban.

Berikut adalah beberapa kegunaan silica gel yang bisa dimanfaatkan di rumah.

1. Menyelamatkan ponsel yang basah

Ternyata bukan hanya beras saja yang diyakini bisa mengeringkan ponsel yang basah. Memasukkan silica gel ke dalam kantong berisi ponsel basah ternyata 10 kali lebih efektif daripada beras.

2. Menjaga album foto dari kerusakan

Tidak hanya foto digital saja yang harus dijaga, foto cetak di album juga harus dihindarkan dari kerusakan. Salah satunya adalah dengan menyelipkan silica gel di dalam album foto. Cara ini akan menghindarkan foto album dari kelembaban sehingga tetap kering dan bebas jamur.

3. Melindungi peralatan make-up

Memasukkan silica gel ke dalam tas make-up akan menyelamatkan alat make-up dari kerusakan. Selain itu menghindarkan alat make-up berbahan powder menjadi menggumpal dan susah digunakan.

4. Mengusir bau

Sepatu, tas, handuk dan pakaian akan berbau tidak sedap jika tidak disimpan secara benar. Untuk itu, selipkan atau masukkan silica gel ke dalam tempat menyimpan sepatu, handuk, tas dan pakaian agar barang-barang penting tersebut tidak bau.

Selain itu, silica gel akan menjaga barang-barang Anda di dalam lemari atau tempat penyimpanannya tetap kering dan bebas jamur.

5. Menjaga labu Halloween lebih tahan lama

Anda pasti stres setelah mengukir labu lebih dari dua hari sebelum Halloween tapi tiba-tiba berubah menjadi lembek sebelum hari H-nya. Nah, kini tidak lagi. Masukkan beberapa sachet ke dalam labu Halloween agar tetap terlihat segar dan tahan lebih lama.

6. Menjaga kaca mobil tetap bening

Letakkan beberapa di dashboard untuk mencegah kelembaban yang menyebabkan kondensasi di kaca depan. Mungkin memakan waktu beberapa hari agar semuanya bekerja sepenuhnya secara efektif.

7. Menjaga perhiasan tetap bersih dan berkilau

Kelembaban menyebabkan perhiasan memiliki noda dan warnanya berubah Beberapa kantong silica gel di kotak perhiasan akan memperlambat proses tersebut.

(Ism, Sumber: metro.co.uk)



Loading...
loading...

Leave a Comment