Inilah Besar Honor Artis India yang Diundang ke Indonesia, Ternyata Bayaran Mereka di India Sangat Rendah

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia drama televisi Indonesia mendapat serbuan dari India.

Sejak serial Mahabharata mengudara di salah satu TV swasta, pertunjukkan dan opera sabun ala India seakan merajai hiburan televisi Indonesia.

Akibatnya, beberapa aktor dan aktris India yang mengisi drama televisi dari negara itu kecipratan rezeki yang lumayan melimpah.

Selain ketenaran, mereka juga mendapatkan honor yang lumayan setiap kali diundang ke Indonesia.

Shaheer Sheikh misalnya. Bintang India berwajah tampan ini bisa dibilang telah menjadi bintang besar di Indonesia.

Berkat aksinya sebagai Arjun di serial Mahabharat dan Anant di serial Navya, pria 32 tahun ini menjadi idola baru bagi para ibu dan remaja putri di Indonesia.

Begitu terkenalnya Shaheer, dia sampai pernah tinggal di Indonesia selama dua tahun untuk mengisi berbagai pertunjukkan dan acara televisi.

Dia bahkan menolak beberapa tawaran di India agar bisa membintangi salah satu drama televisi Indonesia berjudul Cinta Di Langit Taj Mahal.

Selain Shaheer, aktor Ravi Bhatia, yang berperan sebagai Salim di serial Jodha Akbar, juga diundang ke Indonesia ketika acaranya sedang ditayangkan di sana.

Setelah itu, dia juga tampil bersama Shaheer di Cinta Di Langit Taj Mahal. Ravi saat ini memainkan peran superhero dalam serial drama Indonesia Roro Jonggrang.

Selain itu, beberapa aktor dan aktris dari serial Uttaran juga pernah diundang untuk datang ke Indonesia.

Kira-kira berapa honor yang telah diterima oleh para Artis India saat main dalam sebuah serial? mungkin banyak yang merasa penasaran dengan hal tersebut. 

"Menurut beberapa sumber, para aktor dan aktris yang diundang itu biasanya dibayar 25-30 lakh rupees per pekan (sekitar Rp496 juta sampai Rp596 juta) untuk tampil di acara-acara dan bermain sinetron," kata Yash Patnaik, seorang produser TV. Patnaik adalah produser untuk serial Veera yang kini sedang tayang di Indonesia.

Menurutnya, kualitas konten hiburan televisi India telah berubah. Banyak televisi swasta di berbagai negara Asia yang berminat menayangkan puluhan episode drama serial dari India, baik dengan dubbing atau teks subtitle.

"Lagipula mengimpor acara-acara dari India juga tidak mahal, harganya berkisar antara US$100 (Rp1,3 juta) sampai US$300 (Rp4,7 juta) per episode," kata Patnaik.

Jika sebuah stasiun televisi berasal dari negara negara tidak terlalu maju dunia pertelevisiannya, maka mereka biasanya menayangkan acara dengan teks subtitle.

"Karena untuk mengimpor acara yang bisa di-dubbing dengan bahasa ibu mereka membutuhkan tambahan biaya cukup mahal, sekitar US$500 (Rp6,6 juta)," ujar Patnaik.

Belum lama ini, telah terungkap honor yang diterima oleh aktor Mohit Raina, yang dikenal di Indonesia melalui perannya sebagai Dewa Shiwa dalam serial Mahadewa.

Seperti yang dilansir dari Dailybhaskar, aktor yang berbadan kekar tersebut telah menerima honor sebesar 2 Lakh atau 200.000 Rupee. Berarti setara dengan 39 juta Rupiah. Honor tersebut termasuk tinggi dan juga naik dua kali lipat dibandingkan pada saat dirinya membintangi serial Mahadewa.

Kesejahteraan artis India memang masih berada di bawah artis sinetron di negara Indonesia. Bahkan para pemain serial India yang berjudul Mahabharata pun juga telah mengungkapkan hal tersebut pada saat ditanya tentang perbandingan honor yang mereka terima pada saat di India dengan honor yang mereka terima pada saat di negara Indonesia.

Dan karena itulah tak heran jika para pemeran Pandawa pun cukup betah jika harus berlama-lama di negara Indonesia. Pada tahun 2007, pada saat nama Dude Harlino dan Naysilla Mirdad melambung, konon honor yang telah mereka terima diatas Rp 50 juta rupiah per episodenya.

Banyaknya artis India yang berkarir di Indonesia menjadi fenomena yang belakangan ini menghiasi layar televisi Tanah Air. Punya wajah khas India yang tampan, nama mereka pun dengan mudah melejit meski bukan di negaranya sendiri.

Sebut saja nama seperti Shaheer Seikh, Rafi Bathia, dan yang lainnya.

Bahkan di antara mereka, ada yang tak hanya sekadar bekerja tapi juga mencari jodoh.
Vin Rana, pemeran Nakula di serial Mahabarata menikah dengan artis Nita Sofiani tahun 2016 lalu.

Ada juga Lavanya Bhardwaj, pemeran Sadewa yang diam-diam menikah dengan kekasihnya yaitu Dede Frescilla pada 5 Febuari 2016 silam.

Keberhasilan para aktor India ini dalam berkarir di Indonesia rupanya ditiru oleh rekan sesama aktor lainnya.

Salah satunya adalah Mrunal Jain.

Bagi penggemar drama India Uttaran, pasti sudah tak asing lagi dengan wajah dari aktor ini.

Ya. Mrunal merupakan salah satu pemeran serial India yang sempat sangat hits di Indonesia tersebut. Mrunal berperan sebagai Akash di Uttaran.

Kini, Mrunal tengah meniti karir di Indonesia. Terhitung sejak April 2017, Mrunal mulai membangun kesuksesannya di Indonesia.

Ia terlibat di sinetron Cinta di Pangkuan Himalaya bersama Shakti Arora, Radhika Madan, Digangana Suryavanshi dan Ankit Bathla.

Setelah Cinta di Pangkuan Himalaya tamat, Mrunal Jain menjadi pengisi acara program Pesbukers Ramadhan ANTV.

Mrunal juga terlibat dalam program lain seperti Bolly Star Vaganza.

Menariknya, Mrunal ternyata sempat membuat pernyataan mengejutkan soal honor yang diterimanya selama di Indonesia.

Pernyataan Mrunal itu tertuang dalam sebuah surat kabar India yang menulis tulisan khusus soal artis-artis mereka yang berkarir di Indonesia.

Salah satu artis yang diwawancara adalah Mrunal Jain. Berikut adalah penuturan Mrunal soal honor menggiurkan yang diterimanya di Indonesia:

"Dari segi peluang, Indonesia fantastis. Sambutan yang aku terima sungguh luar biasa. Aku senang aku putuskan untuk ambil kesempatan ini. Jujur, honornya bagus dan suasana kerjanya menyenangkan. Kami punya pendamping yang menerjemahkan bahasa untuk kami, jadi ini lebih mudah. Istriku, Sweetie bersamaku di sini, jadi lebih mudah. Kami tinggal di apartemen dengan dapur yang layak, jadi serasa di rumah," ungkapnya.

Mrunal sendiri memulai karirnya dengan peran Krishna di Kahaani Hamaaray Mahaabhaarat Ki.
Kemudian ia muncul di Bandini.

Ia memainkan peran Akash Chatterjee di Uttaran bersama lawan mainnya, Tina Dutta. Ia juga memainkan peran Raghav Patil di Bandhan dengan lawan mainnya, yakni Chhavi Pandey.

Loading...
loading...

Leave a Comment