Inilah Ganjaran Yang Diterima Arafah Rianti setelah Posting Video Praktik Pungli Oknum Polisi

Arafah Rianti, komedian tunggal jebolan Stand Up Comedy Academy season 2 di sebuah stasiun TV, sempat jadi perbincangan di media sosial. Itu karena ia memposting video oknum polisi yang melakukan pungli di jalan lewat akun instagram miliknya @arafahrianti.

Kisah tersebut bermula ketika kendaraan yang ditumpangi Arafah diberhentikan oleh petugas kepolisian. Namun, polisi yang memberhentikan mobil Arafah itu malah meminta sejumlah uang.

Aksi itu pun direkam secara diam-diam oleh wanita yang kerap memakai hijab ini.

Belakangan, video rekaman yang diposting pada tanggal 27 April 2017 itu, sudah dihapus Arafah dari dinding akun instagramnya. Tidak diketahui secara pasti kenapa video yang sudah tersebar luas itu menghilang dari dinding akun isntagram @arafahrianti.

Namun, Arafah kembali memposting video rekaman terbarunya yang membuat netizen bertanya-tanya.

Dalam video yang diposting pada Senin (1/5/2017) ini tampak tertulis Divisi Humas Polri sebelum Arafah berucap kata-kata di rekaman video singkat itu.

Video itu diberikan caption seperti ini:
"Oke masalah selesai. Terimakasih teman-teman yang udah ikut berpartisipasi. Semoga ini menjadi pelajaran yang berharga," tulis caption akun instagram @arafahrianti.

Ini yang diucapkan Arafah dalam video hasil editan divisi humas polri:
"Assalamualaikum, gua Arafah Rainti"

"gua pengen ngucapin terimakasih buat kepolisian khusunya divisi humas polri karena sudah mendengar keluhan gua sebagai masyarakat"

"Dan terima kasih buat kepolisian karena gua sudah dipercaya sebagai mitra humas polri"
Netizen pun banyak bertanya-tanya dengan postingan terbaru mahasiwi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini.

Sebelumnya Komika Arafah Riyanti mengunggah sebuah video di akun Instagramnya, Kamis (27/4/2017). Dalam video tersebut, terlihat seorang oknum polisi menerima uang dari pengendara mobil yang ditumpangi Arafah Rianti.

Dalam caption video tersebut, Arafah mengaku kecewa pada oknum polisi lantaran sikap oknum polisi yang dianggapnya melakukan pungli. Arafah merekam seorang polisi yang sedang menerima 'uang damai' dari pengguna jalan yang ditilang.

Tampak seorang polisi dan seorang pengguna mobil tawar-menawar soal nominal uang yang akan digunakan sebagai 'uang damai'.

Tidak dijelaskan, dimana video itu diambil, tetapi dari istilah "cepek" dan dialek yang digunakan dalam percakapan itu, peristiwanya diduga terjadi di kawasan Jabodetabek.

Berikut adalah postingan @arafahrianti di Instagram :

"Assalamualaikum wr wb.
Pak, maaf sebelumnya karena saya lancang memvideo ini.

Disini saya sebagai pengguna jalan merasa hilang rispek dengan polisi yang bapak tugaskan dijalan untuk mengatur lalu lintas atau mendisiplinkan pengguna jalan.

Saya setuju jika bapak buat tugas polisi dijalan untuk itu, saya sangat setuju.
Tapi yang saya kecewa, kenapa polisi yang bapak tugaskan di jalan Bukan untuk mendisiplinkan pengguna jalan, melainkan menambah pundi" uang mereka ?

Pak bapak tau gak pak kalo bawahan bapak melakukan ini ?
Tolonglah pak, ini merugikan kami, dan merugikan bapak juga.

Jangan sampai tugas polisi yang mulia ini di selewengkan dengan beberapa oknum polisi nakal yang hanya memikirkan harta mereka.

Ayolah kalian buat evaluasi, bicarakan.
Kenapa kalian seperti ini ?

Gaji yang didapat sangat minimkah pak ?
sehingga kalian mengorbankan citra baik kalian didepan masyarakat.
Maaf, kalo saya lancang.

Maaf, saya hanya ingin mengembalikan fungsi polisi sebagai pengaman masyarakat bukan penakut masyarakat.

Dan sekarang polisi bagi saya adalah momok yang menakutkan.
Terima kasih pak, terima kasih pak terima kasih.
Saya berbicara, karna saya peduli.

Dan saya percaya, bapak bisa mengembalikan pandangan masyarakat seperti saya.
I love you indonesia.

I love you polisi.

Kalian hebat @ @divisihumaspolri @korlantas."

Postingan itu tentu saja langsung menjadi viral dan dikomentari banyak netizen.

Hingga saat ini, video yang direpost oleh akun lambeturah itu sudah ditonton sebanyak 596 ribu kali hingga artikel ini dibuat. Sayangnya video di akun @arafahrianti sendiri terlihat telah dihapus. Komentar netizen pun bermacam-macam.

"mantap nyali nya hehee,,tpi mantap lagi klo postingan ini tidak dihapus..heheee... mau liat nyalinya."

"Orang2 kaya gini buat rusak indonesia, bisa nya ngoreksi aja jelasin ke anak2 muda tpi modelanny kaya gitu."

"Polisi itulah yg merusak citra mereka sendiri jadi jangan salahkan masyarakat kalo liat polisi bukannya adem malah kabur."

"Sy harap video ini ngga dihapus yah @arafahrianti ,,jngan sampai kyak anak alay,,pas sdah mbully org,,bberapa menit kmudian dhapus sndri,,skli nekat yah jngan pantang mundur..piss.."

"Aduh malunya..."

Berikut videonya:



Loading...
loading...

Leave a Comment