Kabar Bahagia Bagi JONES! Survey Membuktikan: Ternyata Jadi Jomblo Itu Sehat

Buat kamu yang lagi jomblo dan sering merasa ngenes karena dipameri foto-foto sahabatmu yang sudah menikah, sekarang saatnya untuk tersenyum. Jadi jomblo itu nggak buruk, kok. Nikmati saja momen-momen sendirimu sebelum nanti kamu akan menghabiskan hidup bersama orang yang kamu cintai.

Ada sebuah penelitian yang cukup mengejutkan (atau bisa juga menggembirakan buat kamu yang jomblo). Jadi, dilansir dari mindbodygreen.com, sebuah penelitian "Body Weight, Marital Status, and Changes in Marital Status" di Journal of Family Issues menunjukkan bahwa orang dewasa lajang secara fisik lebih sehat dalam hal indeks massa tubuh. Tinggal atau hidup seorang diri, karena bercerai atau belum menikah, juga bisa menurunkan berat badan.

Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan indikator sederhana dari korelasi antara tinggi dan berat badan. IMT digunakan untuk mengukur ideal atau tidaknya berat badan, dan merupakan cara pengukuran yang baik untuk menilai risiko penyakit yang dapat terjadi akibat berat badan berlebih. (Sumber: medkes.com)

Orang yang tinggal dengan seseorang punya indeks massa tubuh yang lebih tinggi. Kalau indeks massa tubuh tinggi maka tubuh akan berisiko terkena penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, jenis kanker tertentu, dan risiko kematian dini.

Penelitian yang diketuai oleh sosiolog Jay Teachman dari Western Washington University menggunakan data 20 tahun yang melibatkan 3.000 partisipan yang meneliti hubungan antara berat badan, status pernikahan, dan perubahan dalam status pernikahan.

Jay menemukan bahwa orang-orang yang baru bercerai berat badannya turun dalam jangka pendek, yang diyakini karena dipengaruhi tingkat stres. Sementara itu, selisih berat badan orang yang menikah dan lajang sekitar tiga pounds (sekitar 1,3 kg).

Namun, Jay menegaskan kalau orang-orang yang diteliti tersebut masih terbilang muda. Data yang ia kumpulkan berakhir pada data orang-orang yang berusia 42 tahun. Jadi masih ada kemungkinan orang-orang tersebut akan naik berat badannya di sisa usia mereka.

Ladies, apa kamu punya pengalaman sendiri terkait status jomblo dan berat badan tubuh? Hmm... kalau selama jomblo kamu tak mengatur pola makan dan menjalani gaya hidup yang tak sehat, bisa jadi berat badanmu akan terus naik dan tak sehat, ya nggak sih?

 

Sumber: Vemale



Loading...
loading...

Leave a Comment