Kenapa Pengguna Facebook Tidak Pasang Bendera Indonesia?

Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg pernah mengajak seluruh netizen, khususnya facebookers menunjukkan simpati kepada korban tragedi berdarah di Paris. Perancis, pada Jumat (13/11/2015) silam.

Cara menunjukkan simpati yang dimaksudkan ketika itu adalah dengan memasang filter bendera Perancis pada foto profil akun masing-masing. Adapun para pengguna Facebook dipermudah memasang foto profil bendera Perancis tersebut dengan aplikasi yang telah tersedia di Facebook. Cukup dengan beberapa kali klik, bendera Perancis langsung terpasang sebagai foto profil akun pengguna.

Hari ini, Kamis (14/1/2016) telah terjadi peristiwa teror di Indonesia sebagai mana yang terjadi di Perancis beberapa bulan yang lalu. Kejadian tersebut terjadi tepat di pos polisi (pospol) di depan Mal Sarinah, Jakarta Pusat.

Menurut pemberitaan sejumlah media massa, dalam peristiwa ini setidaknya terdapat 7 korban tewas dan beberapa orang lainnya juga turut menjadi korban cidera. Lalu muncul pertanyaan dari kalangan netizen Indonesia, kenapa Facebook tidak mengajak netizen pasang bendera Indonesia sebagaimana yang dilakukan oleh pihak Facebook saat terjadinya kasus teror berdarah di Perancis dua bulan lalu?

Dari pantauan Sipayo.com, hingga kini memang tak tersedia aplikasi di Facebook untuk memasang foto profil bergambar bendera Indonesia sebagai bentuk menunjukkan simpati kepada korban teror Jakarta di Facebook. Hal ini tentu berbeda saat kejadian teror terjadi di Perancis beberapa waktu lalu. Saat itu, netizen memang dimudahkan memasang foto profil bendera Perancis, karena aplikasinya memang disediakan pihak Facebook.

Alahasil, meski telah terjadi serangan teror di Jakarta dengan jumlah korban yang cukup signifikan, namun sangat jarang terlihat netizen Indonesia mengganti foto profil dengan gambar bendera Indonesia. Andaikan saja ada aplikasinya sebagaimana saat setelah terjadi serangan teror di Perancis beberapa waktu lalu, maka tentu warga Indonesia juga akan ramai menggunakan foto profil dengan nuansa warna merah putih tersebut.



Loading...
loading...

Leave a Comment