KISAH TRAGIS! Sedih, Di Masa Tua Pengisi Suara Doraemon Tak Ingat Si Kucing Robot

Di balik suara serak khas Doraemon yang lucu ada sosok pengisi suara melegenda, adalah Nobuyo Oyama. Nobuyo merupakan pengisi suara Doraemon versi bahasa Jepang sejak 1979 sampai 2005.

Tapi sayang, kondisi kesehatan Nobuyo saat ini cukup memprihatinkan, ia kini mengalami demensia atau penyakit pikun. Bahkan Nobuyo sudah lupa dengan Doraemon.

Dilansir Dream dari Anime News Network, Selasa 17 November 2015, Nobuyo mengalami demensia atau penyakit pikun, bahkan Nobuyo sudah lupa dengan Doraemon.

"Saya tidak tahu apakah dia ingat (mengisi suara Doraemon)," aktor Keisuke Sagawa, suami Nobuyo.

Sagawa mengatakan pada saat itu bahwa Nobuyo mulai menunjukkan gejala beberapa waktu lalu. Nobuyo menderita stroke pada 2008, tapi Sagawa mengira gejala demensia hanyalah efek sampingnya.

Saat ini, Nobuyo dirawat dan dibantu oleh manajer, suami dan pengurus rumah tangganya di rumah.

Meskipun kondisi istrinya tidak memungkinkan untuk bekerja menghafal dialog, Sagawa mencatat, Nobuyo dapat menangani pekerjaan mengisi suara sambil melihat naskah.

Sagawa menjelaskan ketika mengatakan kepada Nobuyo bahwa dia tidak harus menggunakan suara Doraemon, suaranya "menjadi suara Doraemon alami" ketika ia merekam sebuah pengantar untuk album CD.

Nobuyo terkenal karena karyanya menyuarakan karakter tituler dari seri TV dan film Doraemon 1979-2005, sebelum digantikan oleh aktor suara lainnya. Oyama adalah orang yang menyanyikan "Doraemon no Uta", lagu tema serial kartun yang disukai anak-anak di Indonesia.

Dia juga mengisi suara Kappei Jin di Muteki Chojin Zambot 3, serta karakter tituler di Hazedon.

Kisah hidupnya akan diangkat ke layar televisi dengan judul "Zutto Issho da yo Seiyu: Oyama Nobuyo Monogatari" atau Together for a Long Time: The Story of Voice Actress Nobuyo Oyama.

Drama kehidupan Oyama akan tayang perdana di saluran BS Premium NHK pada 13 Desember pukul 10 malam waktu Jepang.

Tayangan spesial tersebut akan menceritakan kisah 26 tahun perjalanan Nobuyo mengisi suara robot kucing ajaib Doraemon dan kehidupan sehari-harinya dengan sesama aktor suara lainnya.



Loading...
loading...

Leave a Comment