MANJUR! Lakoni 5 Aksi Ini Sekarang Agar Hidupmu 5 Tahun ke Depan Lebih Baik

Masa depan memang sebuah misteri. Justru karena itulah kita harus mempersiapkannya dari sekarang. Apa yang ingin kamu capai dalam waktu lima tahun ke depan? Lima tahun akan menjadi waktu yang sangat cepat bila kamu tidak memiliki rencana apapun. Sebaliknya, lima tahun akan menjadi waktu yang panjang jika kamu memiliki rencana-rencana untuk masa depanmu. Berikut ini ada lima aksi yang bisa kamu lakukan untuk merencanakan hidupmu dalam waktu lima tahun ke depan.

1. Tentukan apa yang ingin kamu capai dalam waktu lima tahun ke depan



Merencanakan adalah dasar dari sebuah pencapaian. Kamu harus tahu apa yang kamu inginkan? Memulai bisnis? Berlatih kemampuan baru? Atau ingin membeli sesuatu?. Tentukan terlebih dahulu apa yang benar-benar kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa tahu apa saja hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mencapai targetmu itu. Tuliskan apa saja yang ingin kamu capai, berapa lama tenggat waktunya, dan apa langkah awal yang harus kamu lakukan untuk mencapai target tersebut.

2. Evaluasi target yang kamu buat setiap bulan



Dalam merencanakan apapun, evaluasi secara rutin adalah hal yang penting. Baik untuk target jangka pendek maupun jangka panjang. Pikiran kita mungkin dapat berubah-ubah sewaktu-waktu. Itulah sebabnya mengapa evaluasi secara berkala adalah hal yang penting. Tanyakan hal ini setiap kamu mengevaluasi, “Apakah targetku ini benar-benar penting?”, “Apakah aku benar-benar menginginkannya?”, “Apakah aku tetap bersemangat dengan ide ini?”.

3. Periksa targetmu setiap hari



Banyak orang yang memiliki tujuan, tetapi yang benar-benar sukses dengan tujuannya adalah mereka yang tidak pernah lupa akan tujuan mereka sendiri. Jika kamu mengingat tujuanmu hanya kadangkala, maka tujuanmu itu hanya akan membuatmu kewalahan dan tidak akan tercapai. Agar lebih mudah tercapai, pecahlah tujuan itu menjadi hal-hal yang lebih kecil sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengerjakannya. Itulah pentingnya memeriksa kemajuan tujuan kita setiap hari. Tanyakan kepada dirimu apakah setiap hari ada kemajuan yang kamu buat? Apa hal kecil selanjutnya yang harus kamu lakukan agar segera mencapai tujuan? Dapatkah kamu mencapainya dalam waktu lima tahun atau bahkan kurang?

4. Buatlah komitmen mingguan untuk tujuanmu



Setelah memeriksa apa kemajuanmu setiap hari, kamu perlu membuat komitmen terhadap dirimu sendiri secara mingguan. Buatlah komitmen mingguan “Apa yang ingin aku capai dalam waktu seminggu ini untuk mencapai tujuanku yang lebih besar?”. Setiap awal minggu, jangan lupa untuk menuliskan apa yang ingin kamu capai dalam minggu itu. Tidak harus langsung merujuk kepada hal-hal besar. Kemajuan sekecil apapun itu tetap harus dihargai. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

5. Tulislah semua kemungkinan



Masa depan memang sebuah misteri. Kita pun tidak dapat mengendalikannya. Yang bisa kita lakukan adalah membentuknya dari sekarang. Segala hal mungkin terjadi. Itulah sebab mengapa kita perlu memprediksikan segala kemungkinan yang akan terjadi dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. Memprediksi bukan berarti meramal. Memprediksi dalam hal ini maksudnya adalah kita memperkirakan hal-hal yang akan terjadi jika kita melakukan suatu hal. Ini adalah hubungan sebab-akibat. Tulislah segala kemungkinan tersebut (baik positif maupun negatif), sehingga kita dapat segera mengetahui apa yang harus kita lakukan terhadap segala kemungkinan tersebut.

Sudah siap untuk mencoba?


Sumber: Life Hack



Loading...
loading...

Leave a Comment