Masih ingat Arya Permana, bocah yang beratnya hampir 200 kg? Tak disangka beginilah kabarnya kini

Kisah Arya Permana beberapa waktu lalu memang mengejutkan banyak pihak. Arya menjadi salah satu bocah yang terkena obesitas. Kisah Arya menekankan catatan pentingnya mencegah kegemukan pada anak. 

Di satu titik dalam hidupnya, Arya Permana pernah memiliki tubuh yang begitu besar hingga nyaris tidak bisa bergerak dari tempat tidurnya. Kala itu, Arya Permana memiliki bobot tubuh mencapai 192 kilogram padahal usianya masih 10 tahun.

Dengan kondisinya yang obesitas itu, Arya tidak mampu untuk melakukan pergerakan lebih dari 10 langkah. Namun bocah yang kini berusia 12 tahun dari Jawa Barat, yang tahun 2017 lalu dijuluki sebagai anak paling gemuk di dunia oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Arya Permana, bocah yang pernah dinobatkan sebagai anak tergemuk di dunia asal Karawang kini muncul dengan kabar gembira. Kabar baik ini diketahui karena bocah lelaki berusia 12 tahun tersebut menjalani prosedur operasi lambung untuk mengurangi berat badannya pada April tahun lalu. Meski mengalami kemajuan yang baik, Arya masih dipantau dokter dan ahli diet.

Pada tahun 2018 lalu, berat badan Arya sudah turun beberapa kilogram. Penurunan ini sukses dilakukan Arya hanya dalam waktu 1 tahun. Kabar yang jauh lebih membahagiakan, Arya sekarang mengaku senang bisa bebas beraktivitas.

Arya sudah sanggup berjalan sejauh dua kilometer. Bahkan Arya sudah bisa mengendarai sepeda motor. Arya kini lebih sumringah dan suka bercanda dengan teman sebayanya. Kini Arya juga memiliki banyak teman setelah ia kembali aktif bersekolah.

Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada pertengahan tahun 2018, kondisi Arya setelah melakukan operasi terlihat lebih baik. Bahkan operasi itu membuat perutnya lebih kecil dan membuatnya tidak mudah lapar. Arya sekarang bisa pergi keluar dan bermain serta olahraga dengan teman-temannya. Momen ini bisa jadi tidak pernah ada di bayangannya selama setahun lalu.

"Mereka melarang saya mengonsumsi makanan dan minuman manis, terutama minuman ringan. Mereka meminta saya untuk makan lebih banyak buah dan olahraga secara teratur," kata Arya.

"Sekarang makan enam sendok sudah membuat saya kenyang," sambung Arya.

Rokayah dan Ade Somantri selaku orangtua Arya mengatakan bahwa mereka senang Arya akhirnya bisa menjalani kehidupan normal.

"Kami sangat senang melihat dia menjalani hidup yang sehat. Dia sangat aktif dan dalam keadaan sehat. Tidurnya nyenyak dan tidak lagi sesak nafas. Dia juga bisa berjalan dan bermain tanpa mengeluh sesak napas," kata Rokayah.

Dan kini Arya permana telah mencapai berat badan yang lebih baik dari sebelumnya. Penampilannya sekarang pun terlihat lebih langsing dan proposional. Hal itu terlihat dari unggahan Facebook ayah Arya yakni Ade Somantri. 

Pada bulan Desember 2018 lalu, Ade membagikan foto putranya di akun Facebooknya tersebut. Ade bersyukur atas doa-doa yang diberikan oleh banyak orang untuk sang putra hingga kini Arya bisa mencapai berat badan yang terbilang ideal. Dari postingan itu diketahui bobot Arya kini sudah 90 kg atau berat badannya telah turun sekitar 102 kg. 


"Alhamdulilah berkat Doa dari semuanya permata hatiku Aria permana bb sudah ada 90 kg.semoga tetap sehat dan lanjutkan terus cita-citamu.smg allah swt selalu bersamau.Aamiin...," tulis Ade.

Sontak saja, melihat perubahan yang dialami oleh Arya, netizen langsung membanjiri postingan tersebut dengan doa dan ucapan selamat. Postingan tersebut bahkan sudah dikomentari lebih dari tiga ribu pengguna Facebook dan disukai oleh 10 ribu orang. Bukan hanya itu, postingan tersebut juga sudah dibagikan lebih dari 15 ribu kali. 

"Wah wah smakin gede smakin cakep y arya.... sehat selalu y tetap smangat keep doing the good work"

"Alhamdulliah, tetap semangat pantang menyerah sehat selalu semoga aria jd anak yg berbakti kedua orgtuanya semoga apa yg di citacitakannya terkabul"

"Sehat trus ya nang.. Dah makin ganteng deh"

"Semangat de !!pakai diet apa pak bagi resepnya biar kita bisa belajar"

"Bund maaf mau tanya gimana critanya bisa jd kurua gtu??bagi resep donk"

"Semangat dan sehat selalu Arya"

"alhamdulilah .. npa ko aku gk bisa ya turunin BBku yg 67kg jdi 55kg .. susah banget .. de kmu hebat"

"Alhamdulillah........lanjut olah raga yaa dek biar tambah sehat dan bisa mengencangkan kulitmu kembali"



Loading...
loading...

Leave a Comment