MATA MERAH DAN PERIH? OBAT PENCUCI MATA GAMPANG DIBUAT. BEGINI CARANYA

Mencuci mata merupakan hal yang perlu dilakukan untuk merawat dan menjaganya tetap bersih. Pencucian mata dibutuhkan saat mata merasa lelah, merah, alergi, gatal, atau iritasi ringan. Dengan mencuci mata, akan membuat mata Anda menjadi kembali segar dan lebih jelas dalam melihat.

Bila Anda bisa mencuci mata menggunakan obat dari apotek, kali ini Anda bisa membuat sendiri obat tetes mata di rumah. Seperti yang dikutip dari ehow.com, berikut ini panduan membuat pencuci mata dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah.

1. Air
Bahan yang paling mudah digunakan untuk membuatnya yaitu campuran dari air dan garam. Rebuslah satu cangkir air dengan satu sendok teh garam, kemudian biarkan hingga dingin. Gunakalah beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Ramuan ini berguna untuk mengobati mata lelah karena garam berperan untuk menggantikan kebutuhan asam borat yang biasanya ada pada anti-septik.

2. Teh hijau
Ramuan yang kedua yaitu menggunakan air teh hijau yang disaring dan ampasnya. Anda dapat meneteskan air saringan teh hihau pada mata, kemudian Anda bisa mengompres mata Anda menggunakan ampas dari teh tersebut. Teh hijau dapat menyejukkan mata dan meredakan gejala mata gatal. Juga dapat meredakan peradangan dan pembengkakkan akibat mata lelah.

3. Campuran herbal
Banyak orang menggunakan ramuan herbal dan tincture untuk mencuci mata. Campur satu sendok teh air, dua sendok makan air mawar, dan lima tetes tincture euforia, kemudian saring. Saat membuat ramuan ini Anda harus menggunakan saringan yang sangat kecil hingga air saja yang dapat lolos dari saringan tersebut. Jika tidak, partikel-partikel yang tidak tersaring akan membuat iritasi pada mata Anda. Ramuan ini akan membantu meredakan mata lelah dan tegang.

Loading...
loading...

Leave a Comment