Menengok Wajah Para Politisi Saat Muda, Rupanya Gak Kalah Ganteng dengan Model

Kalian pasti sudah sering melihat wajah-wajah para politisi menghiasi media-media, baik itu media elektronik maupun media cetak. Karena terlalu sering muncul, banyak pula yang merasa bosan melihat wajah mereka. Ya, mungkin saja alasannya karena wajah mereka tidak semenarik wajah-wajah artis yang enak dipandang. 

Tentu tidak mudah menjadi jajaran politis terkenal di Indonesia, banyak syarat yang sangat sulit yang harus ditempuh. Mulai dari pendidikan minimum, pengalaman partai, hingga mungkin saja faktor 'pelicin' yang pastinya bisa bikin kantong kering. Tapi pengorbanan itu bakal sebanding dengan posisi dan gaji jika sukses menajdi politisi.

Melihat banyaknya pengorbanan yang harus dilakukan untuk jadi seorang pejabat atau politisi, bukan hal yang aneh kalau kebanyakan dari mereka adalah orang yang berumur. Selain dinilai lebih bijaksana dan berwibawa juga lebih berpengalaman. Jadi wajar saja kalau wajah mereka kurang menarik untuk dipandang.

Tapi kamu kebayang nggak sih bagaimana masa muda para politisi dan pejabat itu dulu, apa masih mirip dengan sekarang ya? Ataukah ternyata lebih menarik. Dilansir dari Kumparan, simak ulasan berikut.

1. Wah waktu muda kayak Al yah, gagah dan ganteng

Kalian tentu sudah kenal banget wajah Pak Prabowo. H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Ia adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat. Ia menempuh pendidikan dan jenjang karier militer selama 28 tahun sebelum berkecimpung dalam bisnis dan politik.

Lahir di Jakarta, masa kecil Prabowo sebagai putra begawan ekonomi Soemitro Djojohadikoesoemo banyak dilewatkan di luar negeri bersama orangtuanya. Minatnya pada dunia militer dipengaruhi figur paman Soebianto Djojohadikusumo yang gugur dalam Pertempuran Lengkong 1946. Masuk Akademi Militer Magelang pada tahun 1970 dan lulus pada tahun 1974 sebagai letnan dua, Prabowo mencatatkan diri sebagai komandan termuda saat mengikuti operasi Tim Nanggala di Timor Timur.

2. Dari muda memang terlihat galak nih

Bapak satu ini terkenal banget galaknya dan suka ceplas ceplos apa adanya kalau sedang berbicara. Namun meskipun begitu, ia sangat dicintai banyak orang karena kiprahnya sebagai pemimpin yang tegas, berani dan jujur. Ya, dialah Ahok atau Pak Basuki.

Ia adalah putra pertama dari Alm. Indra Tjahaja Purnama (Tjoeng Kiem Nam) dan Buniarti Ningsing (Boen Nen Tjauw). Ia lahir di Belitung Timur, Bangka Belitung pada tanggal 29 Juni 1966.

Masa kecil Basuki lebih banyak dihabiskan di Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, hingga selesai menamatkan pendidikan sekolah menengah tingkat pertama. Setamat dari sekolah menengah pertama, ia melanjutkan sekolahnya di Jakarta. Di Jakarta, Basuki menimba ilmu di Universitas Trisakti dengan jurusan Teknik Geologi di Fakultas Teknik Mineral. Selama menempuh pendidikan di Jakarta, Ahok diurus oleh seorang wanita Bugis beragama Islam yang bernama Misribu Andi Baso Amier binti Acca. Setelah lulus dengan gelar Insinyur Geologi, Basuki kembali ke Belitung dan mendirikan CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT Timah pada tahun 1989.

3. Ketara banget ala-ala tahun 80-annya

Sandi Uno sebenarnya masih tergolong baru di dunia politik. Ia lebih dikenal sebagai pengusaha sukses. Dirinya adalah lulusan Wichita State University, Amerika Serikat, dengan predikat summa cum laude. Sandi mengawali karier sebagai karyawan Bank Summa pada 1990.[1] Setahun kemudian ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di George Washington University, Amerika Serikat. Ia lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00.

Kesuksesan Sandi bisa terlihat setelah dirinya dinobatkan menjadi 122 orang terkaya di Indonesia versi majalah Asia Globe dengan total aset perusahaan mencapai 80 juta dollar AS, Pada 2007. Sementara, pada 2008 ia dinobatkan menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan total aset 245 juta dollar AS. Pada 2009 Sand masuk sebagai pendatang baru dalam daftar 40 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes. Majalah tersebut menuliskan Sandi memiliki kekayaan US$ 400 juta dan berada di peringkat 29.

5. Ternyata dulu rambutnya kribo

Anies dilahirkan di Kuningan, Jawa Barat pada tanggal 7 Mei 1969 dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliyah Rasyid. Anies mulai mengenyam bangku pendidikan pada usia 5 tahun. Saat itu, ia bersekolah di TK Masjid Syuhada. Menginjak usia enam tahun, Anies masuk ke SD Laboratori, Yogyakarta.

Setelah lulus SD, Anies diterima di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Dia bergabung dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah di sekolahnya, dan menduduki jabatan sebagai pengurus bidang humas yang dijuluki sebagai "seksi kematian," karena tugasnya mengabarkan kematian. Anies juga pernah ditunjuk menjadi ketua panitia tutup tahun di SMP-nya.

Kita ditarik dulu ke belakang, sebelum kemudian bisa meloncat dengan jauh.

Anies Baswedan, menggambarkan keterlambatannya lulus SMA karena mengikuti program pertukaran pelajar ke Amerika. Lulus dari SMP, Anies meneruskan pendidikannya di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Dia tetap aktif berorganisasi hingga terpilih menjadi Wakil Ketua OSIS dan mengikuti pelatihan kepemimpinan bersama tiga ratus orang Ketua OSIS se-Indonesia. Hasilnya, Anies terpilih menjadi Ketua OSIS se-Indonesia pada tahun 1985. Pada tahun 1987, dia terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS dan tinggal selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. Program ini membuatnya menempuh masa SMA selama empat tahun dan baru lulus pada tahun 1989.

Sekembalinya ke Yogyakarta, Anies mendapat kesempatan berperan di bidang jurnalistik. Ia bergabung dengan program Tanah Merdeka di Televisi Republik Indonesia cabang Yogyakarta dan mendapat peran sebagai pewawancara tetap tokoh-tokoh nasional.

5. Mudanya dulu pasti jadi rebutan para cewek nih

Walikota Bandung ini terkenal sebagai walikota tergaul di Indonesia saat ini. Ia lahir di Bandung, Jawa Barat, 4 Oktober 1971. Sebelum menjadi pejabat publik, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini memiliki karier sebagai seorang arsitek dan dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung. Emil merupakan putra dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih. Selain gaul kang Emil ternyata dulu ganteng banget ya!

7. Ternyata keren juga gayak bapak ini saat masih sekolah dan lajang, udah seperti pemain Sinetron

Saat muda Setya Novanto ternyata tampan, dan konon ia pernah terpilih sebagai pria tampan Surabaya saat itu.

8. Dari dulu sudah terlihat sebagai Mahasiswa Aktif

9. Dulu aja ganteng, pantas mbak Anisa Pohan kepincut

10. Dari dulu memang gagah, pantas kalau jadi perwira

Bagaimana, apakah kalian menyukai wajah para politisi Indonesia saat muda, ternyata ganteng-ganteng juga yah. 

Loading...
loading...

Leave a Comment