Mengenal Ayana, Mantan personel girlband Korea F-VE Dolls Yang Kini Menjadi Mualaf

Mantan personel girlband Korea F-VE Dolls atau yang juga dikenal 5 Dolls, Ayana Jihye-moon tengah menjadi sorotan lantaran dia memutuskan menjadi mualaf. Padahal Ayana semasa kecil mengaku membenci agama Islam.

Kebencian itu berangkat dari informasi negatif yang dia terima dari sekelilingnya. Dia mengaku mulai mengetahu ada agama Islam dari Perang Irak yang tengah berkecamuk sejak tahun 2003. Namun seiring waktu dia merasa tertarik untuk mengenali agama Islam lebih jauh.

Dia mendapat informasi seputar agama Islam dari perbincangan dan bacaan berbahasa Korea yang jumlahnya sedikit. Hingga kemudian Ayana mendapat kesempatan mengikuti perkumpulan pemuda Muslim di Korea Selatan, Wamy Camp.

Dari sana, Ayana mendapat banyak pengetahuan tentang Islam. Ayana melihat sisi positif agama Islam yang belum ia ketahui sebelumnya. Ayana pun mantap menjadi pemeluk agama Islam pada 2012 meski masih diiringi ketakutan.

Perempuan berwajah cantik ini memutuskan berhijab setelah memeluk Islam. Keputusannya menjadi mualaf cukup mengejutkan berbagai pihak. Apalagi ia rela meninggalkan group idol F-VE DOlls atau 5Dolls yang telah membesarkan namanya.

Ingin mempelajari Islam lebih mendalam, kini Ayana sedang menempuh studi lanjut di Universitas Islam Malaysia.

Karena minimnya informasi dari sekitranya mengenai Islam, ternyata Ayana mempelajari agama yang akhirnya dianutnya tersebut melalui internet.

Pada awal Januari 2018, ia menyempatkan mengujungi Indonesia untuk menyapa pengemarnya dan melakukan serangkaian aktivitas.

Dilansir TribunTravel.com dari Instagram pribadi Ayana, berikut empat tempat yang sempat dikunjungi oleh Ayana Jihye Moon saat di Indonesia.

1. Pondok Indah Mall

"Durian Thank you my sisters for this unforgettable SMELL Taste? Speechless.. Yes guys.. I’m enjoying my time in Indonesia Kamu suka Durian? Saya tak suka durian..," caption yang ditulis oleh Ayana.

Tak hanya berjalan-jalan menikmati beragam barang-barang branded di Pondok Indah Mall, Ayana juga mencicipi buah berduri.

Seperti halnya turis kebanyakan, ternyata Ayana juga tak menyukai buah durian. Momen tersebut sempat ia abadikan melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

2. Mengunjungi Monas

Mengunjungi Jakarta tanpa mampir ke Monas memang kurang lengkap rasanya. Ingin melihat kemegahan Monemen Nasional, Ayana pun tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Ia sempat berpose di atas bagunan Monas dengan mengenakan baju kurung.

3. Makan siang di Padma Hotel Bandung

"Unforgettable memory. Terima kasih banget kakak2 saya," caption yang ditulis oleh Ayana.

Puas keliling Jakarta, Ayana bersama Dian Pelangi mengeksplor keindahan Bandung. Bersama teman-temannya, Ayana terlihat menikmati santap siang di Padma Hotel Bandung.

4. Mengujungi Universitas Islam As-Syafi'iyah

"It was so sudden but really awesome. Thanks for coming and having me today and hope to meet you again. In shaa Allah! Thank you my sisters, @syifaf @aidewisari @annedianarj," caption yang ditulis oleh Ayana.

Selain menikmati hiruk pikuk kota Jakarta dan Bandung, Ayana juga menyempatkan diri berkunjung ke Universitas Islam As-Syafi'iyah. (TribunTravel.com, Apriani Alva)

Terpantau dari akun media sosial miliknya, dia juga tampak mengunjungi berbagai lokasi di Indonesia, termasuk pondok pesantren di Cipinang, Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

"Ini mendadak tapi sangat mengagumkan. Terima kasih telah datang dan mengundang saya hari ini. Saya berharap bisa bertemu dengan kalian lagi. Insha Allah!" tulisnya pada keterangan foto.

Kepopuleran Ayana pun membuat dirinya disambut hangat oleh para netizen di Indonesia yang turut menyampaikan kekaguman mereka padanya.

"Selamat datang Ayana, senang melihatmu di Indonesia," tulis akun @anditenry.sa.

"Cantiknya kakak ini, sungguh mulia hatinya. Kapan-kapan main ke Yogyakarta, saya berharap bisa bertemu dengan Eonni (panggilan kakak perempuan dalam bahasa Korea) Ayana Moon," tulis komentar lainnya.

Bagi yang belum tahu, berikut beberapa fakta tentang Ayana Jihye Moon dilansir dari beberapa sumber.

1. Mantan girl group

Ayana Jihye Moon merupakan mantan member girl group, F-VE Dolls. F-VE Dolls merupakan sebuah girl band Korea dengan tujuh anggota.

Girl group ini mendapat perhatian di awal debut karena satu di antara member adalah 'adik' dari girlgrup populer T-ARA yang sama-sama bentukan MBK Entertainment.

F-VE Dolls sempat mengalami perubahan anggota dari berlima menjadi berenam. Para anggotanya juga ada yang keluar masuk.

Beberapa lagu sudah dikeluarkan oleh F-Ve Dolls seperti Lip Stains, Your Words, Like This Or That, dan masih banyak lagi. Girl group ini memutuskan bubar pada tahun 2015.

Sebagian besar para anggota bergabung di girl group lain atau menjadi artis sendiri.

Ayana Jihye Moon lah yang memutuskan menjadi mualaf dan mulai berhijab.

2. Masuk Islam saat remaja

Ayana memutuskan untuk memeluk agama Islam saat duduk di bangku SMA. Gadis kelahiran 28 Desember 1995 ini sangat penasaran dengan ajaran Islam.

Hingga akhirnya, ia memutuskan mempelajari melalui internet. Ayana juga sempat mengikuti camping selama 3 hari. Hingga akhirnya, ia pun semakin mantap memutuskan untuk masuk Islam.

Pengalamannya tersebut ia bagikan melalui akun Youtube-nya.

3. Tinggalkan negaranya

Tak hanya sekedar mempelajari agama Islam dari internet saja, Ayana juga rela meninggalkan negaranya lho! Ia memutuskan untuk menempuh studi Islam di Universitas Islam Malaysia.

4. Tertarik dengan negara Timur Tengah sejak kecil

Ketertarikan Ayana tentang Islam rupanya sudah tercium sejak ia kecil. Ia begitu tertarik terhadap segala sesuatu tentang Islam, Muslim, Arab, dan Timur Tengah sejak kecil.

Saat usia 8 tahun, Ayana tak sengaja mendengar tentang Irak. Saat itu, isu tentang Islam masih sangat sensitif di Korea.

Pasalnya, saat itu segala tindak terorisme dihubungkan dengan Islam.

Meski demkian, Ayana tetap penasaran dengan agama Islam hingga memutuskan untuk mempelajarinya lebih dalam.

5. Cantik alami

Kecantikan Ayana Jihye Moon tak diragukan lagi. Wajahnya yang putih dan cantik membuat dia tampak bersinar.

Namun, kecantikan Ayana ini alami lho tanpa sentuhan operasi plastik.

Dilansir dari Tribun Timur, ketika ditanya apakah kecantikannya hasil operasi plastiknya, dengan nada marah bahwa dirinya asli tanpa polesan sedikit pun.

Melalui Instagram pribadinya, Ayana Jihye Moon memperlihatkan semua bagian wajahnya yang masih asli. Terutama hidung dan kelopak mata. Dua bagian itu adalah yang paling sering dilakukan tindakan operasi oleh segelintir masyarakat Korea.

"Aku orang Korea asli. Orangtuaku orang Korea asli tapi mereka bukan Muslim. Aku tidak melakukan operasi plastik! jangan membuat rumor," jelas Ayana.

Ayana juga pernah memperlihatkan foto dirinya saat masih kecil dengan kecantikan yang tak jauh beda. Tampaknya, Ayana memang tak memerlukan operasi plastik selamanya. 

Saking seringnya dipertanyakan soal operasi plastik, Ayana Jihye Moon pun memperlihatkan foto lamanya sebelum berhijab. Wanita berusia 22 tahun itu mengakui kalau wajahnya memang terlihat lebih dewasa.

"Berbagi foto saat umurku di bawah 15 tahun. Mungkin 11-14 tahun. Aku TIDAK PERNAH operasi plastik dan aku sangat dewasa haha. Aku hanya ingin membagikannya dan aku tidak mau lagi menerima email atau membaca komentar soal operasi plastik," tegas Ayana.

Punya wajah cantik tentunya tidak sulit bagi Ayana untuk mendapatkan pasangan. Namun nyatanya, sampai saat ini Ayana masih sendiri.

Di usianya yang sekarang sudah menginjak 22 tahun, Ayana Jihye Moon pun mulai dihujani oleh pertanyaan seputar pernikahan. Bukannya senang, Ayana justru merasa tidak nyaman begitu pula dengan sang ayah.

Sejak putrinya populer di media sosial, ayah Ayana tiba-tiba membuat akun Instagram. Mendadak ayahnya menjadi satpam di akun Instagram Ayana terutama ketika anaknya ditanya soal menikah.

"Ayahku membuat akun Instagram untuk mengikuti akunku. Dia sudah seperti polisi Instagram. Terkadang beliau melaporkan beberapa komentar. Dia juga sangat terkejut ketika membaca komentar seperti 'kapan nikah?'," cerita Ayana di Instagram pribadinya beberapa waktu lalu.

Usia 22 tahun di Korea Selatan ternyata dinilai terlalu muda untuk menikah. Untuk itulah Ayana Jihye Moon merasa kurang nyaman ketika banyak orang menanyakan kapan dirinya akan menikah.

Diakui Ayana, ayahnya bahkan baru memperbolehkannya menikah ketika dirinya sudah berusia 30 tahun.

"Di Korea, usiaku masih terlalu muda untuk menikah. (Ayahku ingin aku menikah saat aku sudah berumur 30 tahun. Itu sangat umum di Korea). dan tidak sopan menanyakan hal semacam itu," jelasnya.

Loading...
loading...

Leave a Comment