SAY NO TO NGEMIS, Belilah Walaupun Tidak Butuh Sekalipun!

Gontai Sunari Demi Sesuap Nasi

Jakarta sudah temaram. Matahari sudah rebah. Dan Sunari mulai membersihkan lapaknya. Sembari berbenah, wanita yang tak memiliki anak itu mengaku kaget ketika diberikan uang 'cuma-cuma' oleh sekelompok anak muda.

"Mereka datang terus ngasih duit. Saya ga tau siapa, ya saya terima buat modal jualan," kata Sunari yang sedikit lupa peristiwa itu.

Uang itu digunakan Sunari untuk modal jualan sayur, sisanya buat membayar utang. Biasanya, dalam sehari ia membeli Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu di Pasar Jembatan Lima. Untungnya paling banyak Rp 20 ribu.

Baginya, keuntungan itu sangat berarti. Dia dapat membeli makanan dan menyimpan sisanya untuk membayar kontrakan Rp 300 ribu per bulan. Sunari mengaku ikhlas bersyukur dengan apa yang ia miliki sekarang.

Tak lama, Sunari meminta izin untuk pamit pulang. Kepalanya makin sakit, ia ingin segera rebahan di kontrakannya yang berjarak sekitar satu kilo dari tempat ia berdagang.

Dengan badan terhuyung membawa karung sisa sayuran, ia menyusuri gang sempit bercetak semen. Perlahan Sunari pun menghilang dari pandangan.

Kenapa Memilih Sunari? Menurut Yona Luverin, juru bicara Komunitas Ketimbang.Ngemis.Jakarta, Sunari adalah sosok perempuan yang bertarung dengan kerasnya kehidupan Jakarta. Hidup jualan sayur tak membuatnya menyerah. Apalagi membuat tangan menengadah. Selama tenaga masih ada, tekad bekerja terus menyala.

"Dia itu hidup sendirian. Kita dapat informasi dari followers. Kita cek ternyata hidupnya sangat menyedihkan. Keuntungan berjualannya kadang cuma Rp 7 ribu sehari. Buat makan saja udah susah. Bahkan sudah sakit-sakitan," cerita mojang Bandung itu kepada Dream.

Kata Yona, Sunari tak mau mengemis yang kemungkinan jauh lebih mudah tanpa harus bersusah payah menawarkan dagangannya. Meski punggungnya sudah membungkuk lantaran tak kuat menahan usia, ia tetap berusaha sekuat tenaga.

Banyak pengalaman luar biasa yang didapat anggota komunitas Ketimbang.Ngemis.Jakarta. Mulai dari diikuti preman saat ingin memberikan bantuan hingga kesulitan mendapatkan alamat rumah target.

Nah bagi kamu yang memiliki jiwa sosial berminat untuk jadi relawan Komunitas Ketimbang.Ngemis.Jakarta, bisa banget! Pendaftaraan akan dibuka dua bulan sekali.

Bagi kamu yang mau jadi donatur atau menyalurkan donasi juga bisa. Caranya Pantengin terus akun @Ketimbang.Ngemis.Jakarta. Siapa lagi yang peduli kalau bukan kita?



Loading...
loading...

Leave a Comment