Tak Menyangka Akan Menderita Kanker Karena Kebiasaan Mengkomsumsi Makanan Ini

Makanan yang dibakar atau dipanggang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Mungkin Anda salah satu di antaranya. Berbagai makanan barbecue sangatlah menggoda, aroma daging yang tengah dipanggang sungguh menggugah selera. Namun tahukah Anda bahwa makanan tersebut sebenarnya berbahaya?

Di banyak bagian dunia, steak dan makanan panggang adalah sebagian dari jenis makanan yang disukai banyak orang. Meski makanan panggang jelas lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Namun memakan terlalu banyak makanan yang dipanggang juga bisa mematikan bagi sebagian orang.

Dilansir dari Viral 4 Real pada Senin (23/4/2018), seorang remaja bernama Xiao Lu (17) harus menderita penyakit yang tak pernah diduganya karena terlalu menggemari makanan panggang. Burger, hot dog, dan sayap ayam panggang adalah beberapa makanan favoritnya. Dan sudah menjadi kebiasaannya untuk makan makanan tersebut setiap hari.

Ia dan keluarganya sudah terbiasa untuk jajan di pinggir jalan tanpa menyadari bahwa hal tersebut bisa mengakibatkan kanker yang mematikan. Hal tersebut baru disadari Xiao Lu saat dirinya mulai mengalami masalah dengan ususnya dan sering mengalami sakit perut dan punggung. Dari situlah ia baru menyadari ada sesuatu yang salah.

Namun, bukannya memeriksakan diri ke dokter, dia hanya minum obat untuk menghilangkan rasa sakit. Penyakitnya pun berkembang menjadi penyakit kuning dan kulitnya terasa gatal.

Dia kemudian menyadari bahwa warna urinenya lebih gelap dari sebelumnya, yaitu cenderung berwarna coklat. Hingga pada akhirnya ia memeriksakan dirinya ke rumah sakit, dan betapa terkejutnya ia saat dokter mendiagnosa dirinya telah mengidap penyakit kanker pankreas stadium empat!

Sebuah kajian menemukan bahwa, dua jenis senyawa penyebab kanker dapat terbentuk selama pemanggangan, yaitu hidrokarbon polisiklik aromatic (PAH) dan amina heterosiklik (HCA).

PAH terbentuk di dalam asap dan ditemukan di permukaan daging dan sulit dihilangkan, biasanya harus menggunakan pengerikan dan inilah yang sering kita lihat. Sedangkan HCA disebabkan oleh dimasaknya daging di bawah suhu tinggi dan HCA ditemukan di dalam daging. Selain itu, HCA juga dapat terbentuk akibat penggorengan atau oven, dan pemanggang.

Bagi Anda penikmat makanan barbecue tak perlu khawatir, karena kita dapat menyiasati cara memasak untuk meminimalkan risiko kanker.

1. Rendam terlebih dulu bahan dalam cairan perendam.

2. Memasak (merebus) sebelum dipanggang. Ini akan mengurangi kontak dengan panas tinggi dan dapat menghilangkan lemak. Sehingga, lebih sedikit lemak yang menetes saat dipanggang yang akan membentuk asap.

3. Sering membolak-balik makanan yang dipanggang.

4. Memasak dengan suhu rendah.

5. Jangan memasak langsung di atas arang.

6. Batasi penggunaan penutup panggangan untuk mengurangi pemasakan di dalam asap.

7. Hilangkan bagian yang hitam di permukaan daging sebelum dikonsumsi.

Makanan yang dibakar memang bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu, Berhati-hatilah dalam memilih dan mengolah makanan yang akan dikonsumsi.

Loading...
loading...

Leave a Comment