Tips Keren Menjadi Wanita yang Bermental Kuat? Simak Ulasan Tipsnya Disini

Memiliki mental yang kuat artinya nggak gampang down setiap kali ada gangguan–pun ketika mental kita down, itu tidak akan lama. Kenapa harus jadi perempuan yang bermental kuat? Karena dunia ini nggak kayak permen yupi yang selalu manis dan empuk. Kita nggak tahu kapan badai itu datang, tahu-tahu datang aja tanpa kita duga sebelumnya. Bagaimana kita bisa menghadapinya kalau mental kita kayak permen yupi? Ini nih, tips supaya kita bisa jadi perempuan yang bermental kuat.

1. Perempuan memang sensitif sih, tapi terlalu sensitif bisa bikin kita tertekan juga



Karena sifat yang sensitif, perempuan jadi lebih lembut dan hati-hati. Kadang, perempuan bisa tersentil oleh sesuatu yang bahkan itu bukan buat dia sama sekali. Selain itu, perempuan juga bisa tahu sesuatu yang bahkan belum ditunjukkan secara eksplisit (peka). Di sisi lain, terlalu sensitif bisa bikin kita tertekan sendiri dan jadi nggak berani nyoba sesuatu yang baru karena takut dinyinyirin sama orang terus sakit hati. Mungkin kita perlu belajar untuk menertawakan diri sendiri ketika kita mulai melakukan kebodohan atau kesalahan yang tidak sengaja kita perbuat. Nggak ada manusia yang sempurna, melakukan kesalahan itu wajar.

2. Kita harus tahu hal ini: “Whatever you do, people will always judge you”




Apapun yang kita lakukan, kita nggak bisa menghindar dari penilaian seseorang. Entah itu penilaian positif atau negatif. Setiap orang punya perspektifnya masing-masing. Bahkan sesuatu yang kita pandang sebagai sesuatu yang positif, bisa menjadi negatif di mata orang yang nggak suka sama kita. Mulai sekarang mungkin kita harus belajar untuk tidak mempedulikan apa yang seharusnya tidak kita pedulikan. Waktu kita terlalu mahal untuk menganalisis setiap reaksi orang terhadap apa yang kita lakukan. Selama kita tidak berniat buruk, tidak masalah untuk meneruskannya. Adalah hal yang sia-sia kalau kita dengarkan pendapat semua orang. Cukup dengarkan apa yang perlu didengarkan.

3. Tantang diri sendiri



Demi membentuk mental yang kuat, kita harus berani menantang diri kita sendiri. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sesuatu yang kita pikir itu cukup sulit untuk kita. Misalnya, selama ini kita beranggapan bahwa kita tidak bisa berbisnis. Kita patut mencobanya. Kalau gagal? Ya namanya berusaha, gagal itu risikonya. Kalau pengen punya mental yang kuat, ya harus berani melatih mental sendiri. Mungkin saat menantang diri sendiri, kita akan mengalami masa-masa “penuh malu”. Justru di situlah tantangannya!

4. Semakin dewasa, tantangan hidup semakin keras; kita perlu selalu lebih kuat setiap hari



Hal ini terjadi secara alami; semakin kita dewasa, semakin keras juga tantangan yang kita hadapi. Ibaratnya, soal ujian anak SMA nggak mungkin lebih mudah dari soal ujian anak SD. Makin lama, ujian yang kita hadapi makin sulit. Mungkin sekarang kita belum merasakan ujian yang keras banget, tetapi besok? Siapa yang tahu. Ujian hidup itu kadang datang dengan sendirinya tanpa kita duga-duga. Itulah kenapa kita perlu punya mental yang kuat. Ketika hidup mulai terasa sangat berat, perasan kita jadi down banget dan rasanya pengen nangis aja. Nangis boleh kok asal jangan sampai berlarut-larut. Percayalah, badai pasti berlalu. Pasti.

5. Olah raga teratur



Strong mentality come from a strong body. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang yang rutin berolahraga memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Olah raga memicu hormon endorphin yang bisa membuat kita lebih kebal terhadap rasa sakit dan lebih bersemangat. Untuk mendapatkan efek positif dari olah raga, kita memerlukan waktu sebanyak 150 menit/minggu. Dua kali seminggu naik sepeda masing-masing sejam nggak repot kan?



Loading...
loading...

Leave a Comment